4 Faktor Eksternal Bisnis yang mempengaruhi keberlanjutan Usaha

Persaingan, future, analisa pasar, dan ekonomi makro

2
1091
Faktor Eksternal Bisnis
4 Faktor Eksternal Bisnis

4 Faktor Eksternal Bisnis yang mempengaruhi keberlanjutan Usaha

Faktor Eksternal Bisnis. Model bisnis kompetitif yang saat ini diterima lingkungan mungkin besok akan ketinggalan zaman atau bahkan tidak lagi diperlukan karena telah ditemukan yang lebih baik. Kita semua harus semakin memahami lingkunan model dan masa depan karena kompleksitas, ketidakpastian, dan potensi gangguan melekat dalam lingkungan bisnis yang berkembang.

Meskipun demikian, kita dapat mengembangkan sejumlah hipotesis tentang masa depan yang bertindak sebagai panduan dalam merancang model bisnis masa depan. Asumsi-asumsi tentang bagaimana kekuatan pasar, kekuatan industri, tren kunci dan kekuatan ekonomi makro terungkap dan memberikan “ruang desain” untuk mengembangkan pilihan model bisnis potensial atau prototype untuk masa depan bisnis.

Membuat gambaran tentang peta bisnis di masa yang akan datang mempermudah untuk menghasilkan model bisnis yang potensial. Tentunya bergantung pada kriteria anda sendiri, tingkat risiko yang dapat diterima, potensi pertumbuhan yang dicari dan sabagainya. Tidak harus semua, anda bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan.

Berikut ini 4 faktor eksternal bisnis yang bisa dijadikan bahan untuk memetakan keberlanjutan bisnis di masa yang akan datang:

1. KEKUATAN INDUSTRI

Kekuatan industri berarti kita membicarakan tentang analisis persaingan industri. Ada 5 faktor yang harus dianalisas untuk mengetahui persaingan bisnis dari faktor kekuantan industri:

Pesaing (Pelaku)

Mengenali pesaing dan semua kekuatan relatif mereka.

Pertanyaan Utama

Siapa pesaing kita? Siapa pemain dominan dalam sektor khusus kita? Apakah keunggulan kompetitif dan kelemahan mereka? Jelaskan penawaran utama mereka. Segmen pelanggan apa yang menjadi fokus mereka? Bagaimana struktur biaya mereka? Seberapa besar pengaruh yang mereka berikan pada Segmen Pelanggan, Arus Pendapatan, dan margin?

Pemain Baru (Pengacau)

Mengenali pemain baru yang mengganggu dan mencari tahu apakah mereka bersaing dengan model bisnis yang berbeda dari Anda.

Pertanyaan Utama

Siapa peserta baru di pasar Anda? Bagaimana mereka berbeda? Apakah keunggulan kompetitif atau kelemahan mereka? Hambatan yang harus mereka atasi? Apakah value proposition mereka? Segmen pelanggan mana yang menjadi fokus mereka? Bagaimanakah struktur biaya mereka? Sampai manakah mereka mempengaruhi segmen pelanggan, Arus pendapatan, dan margin anda?

Produk dan Jasa Pengganti

Menggambarkan substitusi potensial dalam penawaran Anda – termasuk dari pasar dan industri lain.

Pertanyaan Utama

Apa produk atau jasa yang dapat menggantikan produk kita? Bagaimana biaya mereka dibandingkan dengan biaya kita? Seberapa mudah pelanggan berpindah ke substitusi ini? Apakah bentuk model bisnis tradisinoal yang ditanamkan produk sibstitusi ini (misal kereta api berkecapatan tinggi versus pesawat terbang, telepon seluer versus kamera. Skype versus perusahaan telepon jarak jauh)?.

Pemasok dan Pelaku Rantai Nilai Lainnya

Menggambarkan pemegang kunci rantai nilai dalam pasar anda dan menyoroti pemain baru yang muncul,

Pertanyaan kunci

Siapakah pemain-pemain kunci dalam rantai nilai industri anda? Sampai di mana model bisnis Anda bergantung pada pemain lainnya? Adakah pemain dari sekeliling Anda yang muncul? Mana yang paling menguntungkan?

Stakeholder

Menspesifikasikan siapa saja yang dapat memegaruhi organisasi dan model bisnis Anda.

Pertanyaan Kunci

Stekeholder mana yang dapat mempengaruhi model bisnis Anda? Seberapa besar pengaruh mereka? Pekerja? Pemerintah? Pelobi?

2. TREN KUNCI

Pilihan bisnis ada 2, mengikuti tren atau menciptakan tren. Perlu diperhatikan posisi bisnis Anda sekarang berada di mana? apakah dalam posisi bisa menciptakan tren? Jika tidak, memanfaatkan tren untuk mendapatkan revenue sebanyak-banyak nya bisa menjadi strategi.

Selain itu, regulasi dan teknologi adalah tren yang menjadi sebuah keniscayaan yang harus diikuti. Jika tidak, anda akan ditinggalkan oleh pembeli.

Tren Teknologi

Mengenali tren teknologi yang dapat mengancam modeil bisnis anda, atau memungkinkannya untuk berkembang atau meningkat.

Pertanyaan utama.

Tren teknologi apakah yang kuat di luar dan di dalam pasar anda? Teknologi mana yang menunjukkan peluang penting atau ancaman yang merusak? Teknologi baru mana yang dapat diserap pelanggan?

 

Tren Regulasi

Menggambarkan regulasi dan tren regulasi yang dapat memengaruhi model bisnis anda.

Pertanyaan utama.

Tren regulasi manakah yang memengaruhi pasar anda? Peraturan apakah yang dapat memengaruhi model bisnis anda? regulasi dan pajak manakah yang memengaruhi perilaku pembeli anda?

Tren Masyarakat dan Budaya

Mengenali tren bermasyarakat utama yang dapat memengaruhi model bisnis anda.

Pertanyaan utama.

Gambarkan tren bermasyarakat utama. Pergeseran budaya atau nilai-nilai bermasyarakat mana yang memengaruhi model bisnis anda? Tren mana yang dapat memengaruhi perilaku pembeli anda?

Tren Sosio-Ekonomi

Uraikan tren sosio-ekonomi utama yang relevan dengan model bisnis anda.

Pertanyaan utama.

Apakah tren demografi utama? Bagaimana anda menggambarkan penghasilan dan distribusi kekayaan dalam pasar anda? seberapa besar pendapatan bersih setelah pajak? Gambarkan pola belanja dalam pasar anda (misalnya, perumahan, pelayanan kesehatan, hiburan, dan lain-lain). Berapa besar porsi populasi yang hidup di daerah dibandingkan dengan pedesaan?

3. KEKUATAN PASAR

Isu-isu Pasar

Mengenali isu-isu utama yang memicu dan mengubah pasar Anda dari perspektif Pelanggan dan Penawaran

Pertanyaan Kunci

Apakah isu penting yang mempengaruhi lanskap pelanggan? Pergeseran apa yang terjadi? Ke mana pasar mengarah?

Segmen Pasar

Mengenali segmen pasar utama, gambarkan daya pikatnya, dan soroti potensi segmen-segmen baru.

Pertanyaan Utama.

Apa segmen pelanggan yang paling penting? Di mana potensi pertumbuhan terbesar? Segmen mana yang menurun? Segmen mana di sekeliling kita yang layak diperhatikan?

Kebutuhan dan Permintaan

Menguraikan kebutuhan pasar dan analisis seberapa baik pelayanan di pasar tersebut.

Pertanyaan utama.

Apa yang dibutuhkan pelanggan? Mana kebutuhan pelanggan yang paling tidak terpuaskan? Apa yang benar-benar ingin diselesaikan pelanggan? Di mana permintaan meningkat? Menurun?

Biaya Berpindah

Menjelaskan semua elemen yang terkait dengan perpindahan bisnis pelanggan ke pesaing.

Pertanyaan Utama

Apa yang membuat pelanggan terikat pada suatu perusahaan dan penawarannya? Berapa biaya berpindah untuk mencegah pelanggan agar tidak beralih ke pesaing? Mudahkah bagi pelanggan untuk menemukan dan membeli produk dan jasa yang lebih mudah?

Daya Pikat Pendapatan

Mengenali semua elemen yang terkait dengan daya pikat pendapatan dan kekuatan penetapan harga.

Apa yang benar-benar membuat pelanggan mau membayar? Di manakah margin terbesar dapat dicapai? Apakah pelanggan dapat dengan mudah menemukan dan membeli produk dan jasa yang lebih murah?

4. KEKUATAN EKONOMI MAKRO

Kondisi Pasar Global

Menguraikan kondisi keseluruhan saat ini dari perspektif ekonomi makro.

Pasar Modal

Menggambarkan kondisi pasar modal saat ini yang terkait dengan kebutuhan modal anda.

Komoditas dan Sumber Daya lain

Memperhatikan harga dan tren harga komoditas dan sumber daya lain saat ini untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan model bisnis anda.

Infrastruktur Ekonomi

Jelaskan infrastruktur ekonomi pasar tempat bisnis anda beroperasi.

2 COMMENTS

Leave a Reply