7 Kunci Sukses Digital Marketing

0
582
7 kunci sukses digital marketing
7 kunci sukses digital marketing

Kunci sukses Digital Marketing. Semua bisnis sekarang ini sudah menunjukkan trend menggunakan transaksi online. Tidak sedikit yang sudah menggunakan strategi Digital Marketing untuk menjangkau pelanggan dan calon pelanggannya. Hal ini menunjukkan persaingan di Digital Marketing sudah semakin ketat. Untuk itu dibutuhkan strategi khusus untuk memenangkan persaingan. Berjualan online tidak hanya sekedar memasang dan mengiklankan produk (barang / jasa) di internet. Tapi bagaimana kita bisa mengoptimalkan biaya marketing agar tepat sasaran dan mendapatkan banyak konversi ke penjualan. Banyak rekan UKM kita hanya ikut-ikutan tanpa strategi yang pas, akhirnya biaya membengkak dan penjualan tidak memuaskan. Tidak mau seperti itu kan?Berikut ini 7 kunci sukses digital marketing yang bisa menjadi framework atau panduan agar kita tetap konsisten dan tepat sasasaran.

7 Kunci Sukses Digital Marketing

1. Website yang Fleksible – CMS

Kunci sukses pertama Digital Marketing adalah mempunyai website yang fleksibel dan reliable. Sehingga kita bisa kelola konten secara mandiri. Dengan alat Content Management System (CMS) seperti wordpress, sangat memungkinkan admin website bisa mengelola website tanpa harus punya skill programming dan biaya tambahan memanggil konsultan.

2. Konten Rutin dan Up to date

Kebutuhan untuk update konten secara rutin dan fresh / up to date untuk menjangkau pelanggan dan calon pelanggan lebih dekat. Punya website tapi tidak update kontennya akan mengurangi kepercayaan pelanggan / calon pelanggan.

Dengan update konten kita bisa memperkenalkan bisnis kita kepada calon pelanggan dan menggugah keingintahuan mereka tentang bisnis kita. Pengembangan konten yang baik dibutuhkan untuk mendekatkan dengan pelanggan potensial. Kunci sukses pertama tidak akan jalan jika tidak didukung dengan konten yang menarik, rutin dan uptodate.

3. Pengunjung yang Stabil

Kunci sukses digital marketing yang ketiga adalah menjaga agar pengunjung tetap stabil kembali lagi ke halaman website, bahkan menarik pengunjung baru. Bisa dengan share konten ke youtube atau membuat artikel bersambung / series untuk menambah keingintahuan pengunjung / visitor.

4. Marketing Automation

Kunci sukses digital marketing yang keempat adalah mecoba untuk berhubungan secara rutin dengan siapa saja yang tertarik terhadap produk kita secara rutin. Untuk itu diperlukan marketing automation yang berarti menggunakan alat pembantu / sistem yang bisa mengotomasi engagement dengan audience.

Marketing Automation nya dengan apa saja? Bisa dengan social media dan email marketing. Social media dengan target segment yang tepat akan memudahkan menjangkau calon pelanggan. Sedangkan pelanggan yang loyal harus tetap dijaga dengan memberikan newsletter melalui email (email marketing).

5. Menggunakan Social Media

Kunci sukses yang kelima adalah membangun wajah social perusahaan di  Social Media. Social media disini adalah social media dengan jumlah pemakai terbesar seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn dll. Hal ini menambah kesempatan untuk menjangkau dan berhubungan langsung dengan pelanggan.

6. Monitoring dan Tracking

Setelah melakukan action, kunci sukses yang keenam adalah melakukan fungsi monitoring dan tracking interaksi customer dan perusahaan. Monitoring dan Tracking bisa lakukan dengan menggunakan tools seperti Google Analytics dan Facebook Analytics.

7. Mengoptimasi Proses Konversi

Kunci sukses yang ketujuh adalah mengoptimasi proses agar effort digital marketing yang dilakukan bisa dikonversi. Tentunya harus ditentukan konversi seperti apa yang diinginkan, dan berapa conversion rate yang diinginkan.

Bagaimana caranya?

Kita akan bahas bagaimana cara melakukan digital marketing pada artikel-artikel selanjutnya pada kategori Digital Marketing.

Leave a Reply