Apa itu Digital Marketing? Apa Perbedaannya dengan Marketing pada umumnya?

3
865
Apa itu Digital marketing
Digital Marketing vs Conventional Marketing

Apa itu Digital Marketing? dan Apa perbedaannya dengan Marketing pada umum nya? Jawabannya adalah sama-sama tentang sebuah usaha untuk menghubungkan dan menarik perhatian pelanggan dan calon pelanggan pada tempat dan waktu yang tepat. Dan tentu tujuan akhirnya adalah terjadinya transaksi penjualan atas produk / jasa yang ditawarkan. Jika dihubungkan dengan digital marketing, tempat yang tepat berarti adalah Internet.

Apa itu Digital Marketing?

Jika meminjam istilah dari Hubstpot, yang dimaksud dengan Digital Marketing adalah sebuah istilah dari segala macam usaha yang dilakukan untuk memasarkan produk dan jasa secara online.

Digital marketing is an umbrella term for all of your online marketing efforts. Businesses leverage digital channels such as Google search, social media, email, and their websites to connect with their current and prospective customers. — HubSpot

Untuk memahami pentingnya Digital Marketing untuk masa depan Marketing untuk segala macam bisnis, kita perlu memahami dan megelola bagaimana cara calon pelanggan berinteraksi. Di Era Digital seperti sekarang ini, butuh lebih dari sekedar website dan email untuk melakukan interaksi. Ada Social Media yang berkembang pesat yang bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan calon pelanggan.

 

5D dalam Digital Marketing

Untuk lebih memahami bagaimana pelanggan dan calon pelanggan berinteraksi, berikut ini 5D yang perlu diperhatikan:

1. Digital Devices

Audience (pelanggan dan calon pelanggan) terbiasa berinteraksi dengan menggunakan Smartphone, tablet, komputer desktop, TV dan Game Online.

2. Digital Platforms

Kebanyakan interaksi yang dilakukan dengan devices dilakukan dengan menggunakan browser atau aplikasi dari platform besar seperti Facebook, Instagram, Google, Youtube, Twitter, LinkedIn dan lain-lain.

3. Digital Media

Berbagai macam channel yang digunakan untuk menjangkau audience (baik yang berbayar maupun tidak). Misal: Iklan, email, messaging (chat), Search Engine dan Social Networks.

4. Digital Data

Dengan keterbukaan di Internet, kita bisa memanfaatkan data yang tersedia (termasuk profile dan tren dan kebiasaan interaksinya). Tentunya dengan Data, Digital Marketing bisa dilakukan dengan tepat sasaran.

5. Digital Technology

Pemanfaatan teknologi untuk menciptakan interaksi yang menarik (pergeseran dari website dan mobiel app menjadi kios online dan kampanye dengan email). Hasil dari pemenfaatan teknologi adalah untuk memudahkan audience dalam berinteraksi dengan bisnis.

3 COMMENTS

  1. device disini adalah tools yang berbasis digital,
    game online ada yg hanya sofware game nya saja (game platorm) , ada juga yang sepaket dengan hardware nya seperti xbox dan PS

Leave a Reply