Pengertian Strategi dan Mengapa Penting?

What is strategy and how it's work for you business

0
150
pengertian strategi
Pengertian strategi dan how to make it works - CNSPHOTOGRAPHY/GETTY IMAGES

Pengertian strategi dan mengapa penting untuk bisnis kamu. Kondisi pasar dan teknologi yang berkembang sangat dinamis dewasa ini membuat semua jenis usaha mempertanyakan kembali keunggulan kompetitifnya. Berlaku untuk semua jenis usaha yang ada, termasuk usaha rintisan (startup) yang kita ketahui menjadi desruptor bisnis di erea millennial.

Pemain-pemain lama berlomba-lomba meningkatkan produktifitas, kualitas, dan kecepatan. Para manager pun berlomba menggunakan tools seperti Total Quality Management (TQM), benchmarking, hingga melakukan re-engineering proses bisnis agar tetap kompetitif. Dari sekian banyak operational improvement yang dilakukan masih jarang yang berujung profit yang berkelanjutan. Masih fresh dalam ingatan kita ketika pengemudi taxi conventional malakukan demo karena lapangan pekerjaannya diambil oleh ojek online? itu adalah salah satu kejadian yang bisa kita jadikan contoh dinamika pasar yang terjadi. Dari sekian banyak perusahaan taxi ada Bluebird yang muncul dengan startegi aliansi nya. Beraliansi dengan Go-Jek membuat perusahaan dengan inisial BIRD di bursa efek ini masih berhasil mempertahankan dominasinya industri transportasi umum (taxi).

Tindakan yang dilakukan oleh Bluebird inilah yang kita sebut sebagai STRATEGI. Lalu apa sebenarnya pengertian startegi itu?

Pengertian Strategi

Dari beberapa pengertian yang diambil dari beberapa sumber, ditambah dari Peter Drucker dan Michael Porter, Strategi merupakan tentang:

  • Seeking a single ideal competitive position in an industry (as the dot-com wannabes were apparently doing at the time he was writing).
  • Benchmarking and adopting best practices (a veiled reference to everyone’s favorite punching bag, In Search of Excellence).
  • Aggressive outsourcing and partnering to improve efficiencies (perhaps a reference to “The Origins of Strategy, published in 1989 by the granddaddy of strategy consulting, BCG founder Bruce Henderson).
  • Focusing on a few key success factors, critical resources, and core competencies (maybe a reference to C. K. Prahalad and Gary Hamel’s 1990 article, “The Core Competence of the Organization”).
  • Rapidly responding to ever-evolving competitive and market changes (perhaps a reference to Rita McGrath and Ian McMillan’s 1995 article on innovation strategy “Discovery Driven Planning”).

Secara fundamental bisa diringkas menjadi dua opsi pengertian strategi: Melakukan apa yang dilakukan oleh orang lain (dengan biaya yang lebih rendah), atau Melakukan sesuatu yang orang lain tidak bisa lakukan. Ketika pendekatan lain bisa dilakukan dengan sukses, pendekatan pertama menurut porter kurang economical. Maksudnya, berkompetisi dengan melakukan apa yang dilakukan orang lain berarti berkompetisi dengan harga (melakukan lebih efisien dari pesaing). Tapi hal tersebut akan mengecilkan kue profitabilitas. Hal tersebut akan mempengaruhi keuntungan industri secara keseluruhan.

Sebagai alternatif, untuk mengembangkan bisnis bisa dengan mengintai beberapa posisi yang berkelanjutan dengan membuat keunggulan unik. Unique advantage yang belum dilakukan oleh orang lain atau tidak bisa dilakukan oleh orang lain. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki value chain atau business model.

Contoh yang mudah bisa diperhatikan di industri penerbangan, dimana hampir semua airline berlomba untuk menjadi yang terbaik. Seperti yang Porter bilang, mereka bersaing memperebutkan kue yang kecil. Disisi lain, The Southwest Airline mengembangkan bisnis yang lebih menguntungkan dengan melakukan pendekatan yang completely different. Dengan menargetkan pelanggan yang berbeda (orang yang mungkin mengemudi sendiri ketika ke bandara, for example) dengan serangkaian aktifitas yang saling terkait. Dengan demikian akan memperluas pasar secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dari beberapa pendapat terkemuka, termasuk dari Peter Drucker dan Michael Porter diatas masih jauh dari kata final untuk pengertian strategi. Dari tahun ke tahun akan ada penambahan atau sanggahan dari ahli strategi yang lain. Secara garis besar, aktifitas strategi merupakan tindakan yang berfokus pada:

  • Doing something new.
  • Building on what you already do.
  • Reacting opportunistically to emerging possibilities.

Strategi yang jelas akan berdampak kepada arah perusahaan yang jelas juga. Sehingga perusahaan atau kamu yang sedang mengembangkan usaha harus membuat strategi yang jelas dengan mempertimbangkan tantangan yang ada. Next post akan dibahas tentang Five Competitive Forces yang berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha. 

Leave a Reply